D3 – Teknik Komputer

Program Studi Teknik Komputer

TK_mhs

Program Studi Teknik Komputer dibuka pada tahun 2001 berdasarkan Kepmen No. 40/D/O/2001.  Tujuan dibukanya Program Studi Teknik Komputer adalah untuk memenuhi permintaan pasar kerja akan tenaga kerja tingkat ahli madya di bidang Teknologi Informasi dan Komputer yang semakin berkembang dengan pesat.

Pada Program Studi Teknik Komputer mahasiswa akan mempelajari dan menguasai sistem informasi manajemen,  basis data, dan pemograman berbasis kebutuhan industri, merawat hardware dan software serta jaringan komputer, dan membangun sistem jaringan.

Program Studi Komputer Berakreditasi B.

 

Visi Program Studi

Diakui Sebagai Program Studi Unggul Yang Mampu Bersaing dalam Pendidikan Bidang Teknik Komputer Pada Tingkat Nasional maupun ASEAN pada Tahun 2031

Misi Program Studi

Untuk Mencapai visi tersebut, maka PSTK mempunyai misi yang dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan vokasi di bidang Teknik Komputer yang professionalberkualitas, serta relevan dengan tantangan nasional ataupun ASEAN.
  2. Menciptakanbudaya akademik dan budaya organisasi yang nyamanberkarakter, dan bermartabat kepada mahasiswa.
  3. Menghasilkan lulusan ahli madya yang memiliki keunggulan professional dan terampil di bidang Teknik Komputer, memiliki softskill yang baik, berpikiran terbuka, serta mampu bersaing dalam pasar nasional maupun ASEAN.
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian terapan serta menyebarluaskan hasilnya untuk pengembangan inovasi ataupun menyelesaikan masalah-masalah di bidang Komputer sesuai dengan kebutuhan industri serta permasalahan nasional dan global.
  5. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat untuk menggali dan membantu pertumbuhan potensi masyarakat yang meliputi kebutuhan Sumber Daya Manusia, barang, ataupun jasa.
  6. Ikut berperan aktif dalam asosiasi profesi yang menunjang pengembangan kegiatan akademik dan kelancaran hubungan dengan industri.

Tujuan Program Studi

Untuk mencapai misi PSTK maka dirumuskan tujuan dari program studi Teknik Komputer sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan vokasi profesional dan berkualitas di bidang Teknik Komputer yang berbasis kebutuhan tenaga ahli pada industri nasional ataupun global.
  2. Menciptakan suasana akademik dan organisasi yang kondusif sehingga merangsang munculnya ide-ide kreatif dan inovatif terutama dalam bidang Teknik Komputer.
  3. Menghasilkan lulusan ahli madya yang profesional dan terampil di bidang Teknik Komputer dengan kompetensi Jaringan Komputer, Embedded System, dan Pengembangan Aplikasi Komputer, serta disiplin, percaya diri, berpikiran terbuka, memiliki wawasan luas, dan mampu bersaing dalam pasar nasional dan ASEAN.
  4. Menyelenggarakan kegiatan penelitian terapan bidang komputer yang secara nyata mampu memberikan kontribusi terahadap penyelesaian masalah-masalah industri.
  5. Mengembangkan dan menyebarluaskan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Komputer, sertabudaya positif untuk meningkatkan harkat, martabat dan kualitas hidup masyarakat.
  6. Mengembangkan kerjasama dalam konteks bisnis atau pun keilmuan dengan industri dan asosiasi profesi untuk mengembangkan kualitas PSTK.

 

TK_kur1 TK_kur2 TK_kur3

 

© 2015 POLITEKNIK CALTEX RIAU ALL RIGHTS RESERVED.