Seminar dan Workshop MEMBANGUN BISNIS ONLINE Oleh Himpunan Mahasiswa Komputer


Minggu, 24 Februari 2013, Dalam rangka pengabdian masyarakat di bidang teknologi, HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komputer) mengadakan sebuah kegiatan Seminar dan Workshop Membangun Bisnis Online yang diikuti oleh SMA/SMK dan Mahasiswa-mahasiswi Perguruan Tinggi se-kota Pekanbaru di Auditorium dan Laboratorium Politeknik Caltex Riau.

Politeknik Caltex Riau sebagai Institusi Pendidikan yang telah berdiri di daerah Riau, dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kelak dapat berguna bagi masyarakat. Dunia bisnis online pada saat ini telah menjadi sebuah usaha bagi kalangan masyarakat menengah untuk mempermudah dalam hal kondisi perekonomian didalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang lebih cepat dan simple.

Dengan seiring perkembangan teknologi,website menjadi salah satu media promosi online jitu untuk kalangan masyarakat yang akan mempromosikan usaha-nya pada pihak konsumen dalam dunia maya. Untuk hal ini,dibutuhkan sebuah website yang memiliki daya tarik tersendiri baik dalam segi desain maupun fitur-fitur didalamnya yang mampu menarik minat konsumen untuk memakai barang/jasa yang telah disediakan oleh website. Dengan adanya website seperti itu,pe-bisnis akan lebih diuntungkan dalam hal pemasaran produk dan efisiensi waktu dalam penjualan produk bisa lebih singkat dan tentunya degan keuntungan yang besar.


Dalam kegiatan ini Himpunan Mahasiswa Komputer (HIMAKOM) Politeknik Caltex Riau bekerja sama dengan komunitas Blogger Pekanbaru BERTUAH yang telah disupport oleh Google. Acara ini diawali dengan kata sambutan ketua pelaksana oleh Gidion Livingson, dilanjutkan dengan kata sambutan Gubernur HIMAKOM oleh Aan Ramadhoni, kemudian kata sambutan Komunitas Bertuah oleh Abang Fiko, setelah pemberian kata sambutan, dilanjutkan dengan Pemberian Materi Bisnis Online oleh Abang Fiko dengan materi sebagai berikut : Membuat Toko Online Sendiri, Tips dan trik SEO, Blogging for money


Peserta dari kegiatan ini diharapkan nantinya dapat mengikuti fenomena bisnis online telah menarik minat banyak orang. Tidak sedikit yang berhasil, tidak sedikit juga yang gagal. Namun sebagai pemula, langkah awal merupakan titik penting penentu keberhasilan. Pembentukan mindset, tempat belajar yang benar, pemilihan bisnis online yang akan dijalankan serta komunitas sangat mendukung berhasil tidaknya bisnis online yang akan dijalankan.

Acara ini diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada para peserta. Tingginya minat peserta terhadap acara ini membuat panitia merencanakan akan menyelenggarakan lagi acara serupa pada masa mendatang.